Teliti sebelum menebus obat

Saya tipikal orang yang malas sekali ke dokter saat sakit. Biasanya saya hanya minum obat pasaran aja yang murah meriah. Tapi karena kemarin saya mual, muntah, perut melilit, dan mencret, saya jadinya berobat ke salah satu RS swasta di bilangan karawaci tangerang. Sebenernya karena saya lagi menyusui sih jd takut minum obat sembarangan, jadi saya terpaksa ke dokter.

Saya dikasih resep obat: 
1. Spasmomen 40 mg
2. Rantin ranitide HCl 150 mg
3. Ceptik 200 mg
4. Lacidofil cap

Karena saya pengen segera pulang (waktu itu ke UGD jam 9 malam), saya langsung nebus obat tanpa pikir2 lg. dan ternyata... Total harganya 550 rb. What?!
Masa obat mencret nyampe 550rb???

Besoknya saya langsung searching bahwa ketiga obat yg diresepin ternyata ada obat generiknya. 
1. Spasmomen harga 90rb per strip, generiknya cuma 7800 per strip
2. Ranitidine harga 61rb per strip, generiknya hanya 24200 per strip
3. Ceptik harga 350rb per strip, generiknya cuma 25rb per strip

OMG.... Perbedaan harganya jauh banget!! Saya bener2 ngerasa dibodohin. Lain kali saya harus lebih kritis ke dokter dan apotekernya. Mentang2 pasien ga minta obat generik, dokter juga langsung aja nulis obat paten yg harganya mahal. Wah... Cukup tau aja deh. Ternyata ulasan2 di media ttg permainan antara dokter dan perusahaan farmasi kena juga ke saya. Hufft

Yaa.. Walaupun dicover sama asuransi, tapi kan ga gitu juga kalee... 
Buat reader yg lain, lain kali lebih bijaksana ya sebelum nebus obat. Obat mahal belum tentu juga lebih mujarab kl ada yg lebih murah tp komposisinya sama.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer