Menyusui itu indah

Awalnya, saya pikir menyusui itu mudah, seperti di gambar-gambar. Tenang dan damai.

Tapi ternyata saat saya praktekkin pertama kali, rasanya susaahh banget. Saya sampe keringet dingin dan punggung pegel bukan main. Saya dan Fadhil sama-sama stress, bahkan Fadhil sampe nangis histeris. Tiap kali Fadhil histeris, saya selalu berhenti.

Sehari, dua hari, tiga hari.. Saya belum berhasil nyusuin Fadhil dengan benar. Fadhil ga bisa melekat dengan benar. Ternyata oh ternyata, puting saya datar.

Pikiran saya waktu itu kalut, takut ga bisa nyusuin. Ditambah lagi waktu itu Fadhil sakit kuning. Dia butuh asi lebih banyak. Tapi karena belum pintar nyusu, Fadhil terpaksa minum susu formula dulu selama tiga hari.

Menyusui di bulan-bulan pertama bukan jadi hal yang menyenangkan buat saya. Puting lecet, berdarah, luka, terpaksa saya tahan demi bisa nyusuin. Kadang saya sampe nangis saat nyusuin saking sakitnya.

Tapi, itu cerita dulu..

Sekarang menyusui jadi momen yang menyenangkan dan indah banget buat saya.
Saya bersyukur waktu itu saya ga gampang menyerah. Saya sampe beli nipple shield biar bisa nyusuin. Dan bermodalkan artikel yang bilang kalo menyusui bukan pada puting, tapi dengan areola, saya jadi optimis dan PD. Dan hasilnya sekarang Fadhil bisa asi terus. Bahkan beratnya udah 9.2 kg pas 6 bulan.

Ngomongin soal alat tempur menyusui yang wajib punya ala saya adalah:

1. Breast pump

Breast pump yang enak itu yang bisa mancing LDR (let down reflex), yaitu saat-saat asi ngalir dengan deras. Jadi mompa 5 menit aja, payudara udah bisa kosong. Untuk breast pump ini, saya pake Medela Harmony.
Menurut saya, Medela Harmony top markotop! Spare partnya sedikit, gampang dicari, mudah dibersihin, dan yang penting bisa mancing LDR itu. Walau awalnya tangan pegel karena manual, makin lama tangan saya terbiasa. Hahaha. Saya beli Medela ini 600 ribu.

2. Cooler box

Untuk cooler box, saya pakai Unimom sama Igloo. Unimom ini kecil, ringan kalo saya bawa-bawa. Emang ga bisa nampung banyak-banyak. Tapi cukup lah masukin pompa, dry ice sama 3 plastik hasil perahan @150 ml. Kalo Igloo, saya beli di Ace Hardware karena waktu itu saya mau mindahin asip saya dari rumah ibu ke rumah saya. Daya tampungnya bisa sampe 30 plastik asip @150 ml.

3. Breast pad

Yang ini wajib saya bawa-bawa kemanapun saya pergi. Saya pakai Pigeon disposable. Walaupun emang mahal (80 ribu isi 66 buah di Giant), tapi saya lebih sreg make ini. Soalnya waktu nyoba pake handuk kecil, ya ampun... Sekali pake aja udah basah kuyup. Padahal saya nyusuin bisa 8 kali sehari. Bisa ganti 8 handuk dong??

4. Plastik asi/botol kaca

Awalnya saya pakai botol kaca untuk asip. Tapi karena space freezer dua pintu ga banyak, jadilah saya beralih ke plastik asi. Saya pakai plastik asi merek Natur dan menurut saya oke tuh. Alhamdulillah belum pernah bocor. Malah waktu saya pake botol kaca, ada yang retak setelah sekian lama di freezer.

5. Sterilizer

Menurut saya yang ini ga wajib banget kalo masih bisa ngerebus. Hihihi. Tapi saya beli sterilizer ini karena waktu itu Fadhil dirawat di RS dan butuh sering-sering sterilisasi botol dan alat pompa. Sterilizer yang saya beli merek Crown. Alatnya gede, muat banyak. Tapi sekarang jarang dipake, malah jadi tempat botol-botol yang udah saya rebus. Hehe

6. Termos

Saya jarang pake termos. Biasanya asip saya rendem di air biasa aja. Saya beli termos cuma buat jaga-jaga aja tapi sampe sekarang ga pernah kepake. Hehe. Mungkin akan kepake saat mpasi ya, tapi kita liat nanti deh.

7. Freezer

Yang ini mah wajib ya.. Saya sampe naruh asip di dua freezer karena ga cukup. Apalagi saya cuti 6 bulan dan dilanjut resign... Jadilah asip saya jarang dipake.

Oya, kalo ngomongin semakin sering kita mompa atau ngosongin payudara, semakin banyak asinya itu bener lho. Dulu waktu saya masih rajin mompa, alhamdulillah asip yang bisa saya stok sekitar 300 ml. Tapi sekarang karena udah males karena freezer udah ga cukup lagi, asip yang distok paling 150 ml sehari.

Komentar

Postingan Populer