Pentingnya attachment dengan sang bayi

Kemarin saya sempat nulis status di facebook mengenai ibu muda, bayinya yang baru berusia dua bulan, dan baby sitternya yang saya temui di nursing room sebulan mall.

Baby sitternya mengeluarkan semua perlengkapan yang dibutuhkan untuk mengganti popok seperti perlak, kapas, air hangat, popok, baju, dan minyak telon. Wah.. Enaknya sang ibu ada asisten yang siap membantu. Maklum, saya ga punya baby sitter atau pengasuh. Hehe

Tadinya saya pikir sang ibu yang akan menggantikan popok bayinya. Tapi ternyata baby sitternya. Ohh oke.

Lalu sang ibu ngomong, yuk kita ganti baju.
Saya pikir kali ini sang ibu yang akan mengganti baju bayinya, tapi ternyata baby sitternya lagi. Ibunya hanya pegang hp sambil fotoin bayinya dan ngeliatin baby sitternya kerja.

Sempet kaget sih karena beda banget sama saya yang semuanya ngerjain sendiri dengan kadang-kadang dibantu sama anggota keluarga yg lain kalo mereka lagi ada di rumah. 

Salah satu temen saya sempet komen kalo itu memang tugas dan tanggung jawab baby sitter. Yaa.. Memang sih itu tugas dan tanggung jawab baby sitter. Tapi, sayang aja kalo jadinya semua pekerjaan diambil alih oleh baby sitternya, kecuali menyusui tentunya. Kesempatan kita untuk attachment untuk bayi jadi berkurang.

Saya pernah beberapa kali juga bertemu dengan ibu muda, bayi, plus baby sitternya. Tapi, yang gantiin popok ya sang ibu. Baby sitternya hanya membantu menyiapkan perlengkapan bayi dan beres-beres.

Tapi semua itu memang tergantung kebijakan ibu masing-masing. Kalo mau dikerjain sama baby sitternya, ya monggo. Tapi kalo sebagiannya mau dikerjain sama sang ibu, saya salut! Mungkin dia lebih mengedepankan rasa takut kehilangan attachment dengan sang bayi daripada besaran uang yang sudah dikeluarkan untuk ngegaji si baby sitter.

Lagipula menurut saya, pasti beda dong kehangatan yang dikasih baby sitter jika dibandingkan dengan ibunya. Kalo dikerjakan oleh sang ibu, sang ibu bisa sambil becandain dan ngajak main bayinya. Bermain kan bentuk stimulasi yang bagus untuk tumbuh kembang bayi.

Suami saya pernah cerita kalau anak teman kantornya lebih dekat ke baby sitternya daripada sama ibunya sendiri. Yaa.. Kalo kejadiannya sama seperti yang sudah saya ceritakan di atas, bukan ga mungkin sih kalo si anak/bayi akan lebih dekat ke baby sitternya.

Bayi itu kan makhluk sensitif yang bisa ngebedain siapa sih yang selama ini menuhin kebutuhan dia. Walaupun ada sang ibu, tapi kalo kebutuhannya dipenuhin sama baby sitter, si bayi bisa lebih dekat ke baby sitternya. Syukur-syukur kalo baby sitternya sayang sama si bayi, rasa aman dan percaya si bayi terhadap lingkungannya bisa terpenuhi. Tapi kalau kebutuhannya tidak terpenuhi, si bayi akan tumbuh menjadi anak yang kurang empati dan percaya sama lingkungannya.

Tapi ini sih pendapat pribadi saya. Kalo lagi ada sang ibu di samping bayinya, ga salah kok kalo pekerjaan yang biasa dikerjakan baby sitter diambil alih dulu oleh sang ibu. Ibu senang, bayi juga senang.

Peace ya :)


Komentar

Postingan Populer