Bayi tidur tanpa digendong

Bisa ga sih bayi tidur tanpa digendong?
Sampai kapan ya aku harus ngegendong bayiku agar dia mau tidur?

Itu pasti pertanyaan yang sering diajukan oleh para ibu muda.
Sama seperti saya sendiri.
Awalnya saya masih ok ngegendong-gendong Fadhil sambil dinina-bobokan. Tapi makin lama kok makin berat ya? Apalagi saat usinya 3 bulan, beratnya udh 7 kg. Emm.. Bisa kemeng juga tangan saya.

Saat usia 0-3 bulan, bayi boleh sering-sering digendong karena bayi masih beradaptasi sama lingkungannya dan bayi membutuhkan perasaan aman dari orang yang menggendongnya. Tapi kalau udah usia 3 bulan ke atas, bayi boleh tidak sering-sering lagi digendong agar bayi bisa belajar untuk menguatkan otot-ototnya dengan cara tengkurap dll.

Itu prinsip yang saya pakai untuk menidurkan Fadhil. Selama 0-3 bulan, saya masih oke ngegendong-gendong dia sebelum tidur. Tapi setelah 3 bulan ke atas, saya membiasakan dia untuk tidur tanpa digendong. 

Caranya gimana? 
Biasanya kalau perutnya sudah kenyang tapi dia ga ketiduran saat nyusu langsung, saya miringkan badannya tepat di depan badan saya sambil saya peluk dan pok-pok pantatnya. Oya posisi kami tiduran dengan badan saling berhadapan ya. Tidak lupa saya bacakan doa dan nyanyi atau saya ajak ngobrol pelan-pelan. 

Trus langsung berhasil ngga? Jawabannya ya pasti ngga. Hehe. Fadhil sukses ngamuk sambil nangis jerit-jerit. Mbahnya ga kuat ngedenger tangisan Fadhil dan udah gelisah aja pengen cepet-cepet ngegendong dia. Tapi saya tau arti tangisan dia sebenarnya bentuk protes dia. Kalau bahasa kita sih kira-kira gini. "Bunda.. Kok aku ga digendong sih sambil dinina-bobokan? Aku ga suka dikelonin dengan cara begini."
Mungkin ibu-ibu yang lain ga tega trus langsung buru-buru ngegendong kali ya? Kalau saya ngga, saya biarin dia nangis dengan tetap saya peluk dan nyanyiin atau ngajak ngobrol dia. Ga lama, sekitar 10 menit dia tidur kok.

Trus tidurnya nyenyak ga? Jawabannya ngga juga, dia sempet ngigau sambil nangis. Mungkin protesnya dia mengenai cara tidurnya yang berubah yang bikin dia nangis. Trus saya peluk bentar, dia tidur lagi deh.

Keesokan harinya gimana? Tidurnya masih digendong atau ngga? Jawabannya ngga, saya biasakan tidurnya di atas kasur langsung sambil saya peluk. Fadhil tetep nangis sih dan mbahnya udah kepengen intervensi aja. Tapi, saya ga kasih. Toh 10 menit kemudian, dia bisa tidur.

Sampai berapa lama saya ngajarin dia untuk tidur tanpa digendong? Bentar kok. Cukup seminggu. Setelah itu dia ga pernah nangis lagi kalau dikelonin dengan cara cukup dipeluk sambil dipok-pok pantatnya. 

Bayi itu pintar loh.. Dia bisa belajar bahwa dia harus tidur tanpa digendong lagi. Jadi nanti dia akan beradaptasi sendiri. Lagipula, tidur itu kan kebutuhan utama setiap manusia. Jadi pasti bayi juga akan tidur kalau dia udah ngantuk atau capek. Masalah dia ga bisa tidur tanpa digendong sebenernya masalah kebiasaan aja. Pasti bisa kok bayi tidur tanpa digendong. 

Sekarang Fadhil udah 6 bulan dan ga pernah digendong kalo mau tidur. Ibunya dan mbahnya seneng karena ga perlu pegel-pegel bahunya untuk nidurin dia. Hehe 

Selamat mencoba untuk ibu-ibu yang lain!  ^^

Komentar

Postingan Populer