Macam-macam Saos/Kecap Halal

Karena tiap hari di rumah dan hampir tiap hari masak pula, ga mungkin dong saya cuma masak yang itu-itu aja. Alhasil saya suka nyobain resep baru yang pake macam-macam saos, kayak kecap inggris, saos tiram, minyak wijen, dll. Dan kadang saya suka ngintip merek saos apa yang dipake di rumah makan seafood. Tapi biasanya saya suka speechless sendiri karena pas saya ceki-ceki ternyata ga halal dong. Jadilah saya suka hunting saos halal dan dicobain ke menu masakan saya.

Berikut merek saos yang pas di lidah saya:

1. Saos tiram

Saos ini paling cepet abis buat saya. Soalnya saya suka pakai di tumisan-tumisan atau makanan lain. Saya pernah nyobain tiga merek saos tiram dan menurut saya yang paling enak itu merek Lee Kum Kee Panda Brand. Ada logo halalnya kok.


2. Kecap Inggris

Kecap ini suka saya pakai buat ayam kecap lada hitam atau beef barbeque. Dan saya juga udah nyobain tiga merek kecap inggris. Merek pertama rasanya kurang nendang. Merek kedua ga ada logo halalnya. Merek ketiga ada logo halalnya dan pas di lidah yaitu Kecap Inggris Harum Sedap. Selain rasanya pas di lidah, ukurannya juga ada yang kecil. Tapi nyarinya harus di Farmers Market. Soalnya kalau di Indomaret adanya merek Sedap Wangi dan ukurannya besar.

3. Minyak wijen

Saya jarang masak pakai minyak wijen. Paling saya pakai di isian lumpia ayam, dimsum, atau tumis sawi putih + tauge. Minyak wijen yang enak sebenernya merek Lee Kum Kee tapi berhubung ga ada logo halalnya, jadi saya ganti merek Di Di Xiang.

4. Saos untuk Seafood

Nah ini saos malah belum pernah saya pakai. Waktu itu saya beli karena penasaran sama rasanya. Ternyata rasanya mirip sama kecap sushi. Bisa dijadiin alternatif kecap sushi yang halal. Lee Kum Kee.

5. Saos teriyaki

Waktu nyobain saos teriyaki merek Ajinomoto, kok rasanya ada yang masih kurang ya.. Iseng-iseng nyari ketemu saos teriyaki merek Pronas. Rasanya pas tapi warnanya pucat jadi suka saya tambahin kecap manis biar warnanya cantik.

6. Saos barbeque

Sama kayak saos teriyaki, pilihan saya jatuh pada merek Pronas. Tapi karena warnanya yang sama pucatnya, saya tambahin kecap manis. Kalau bikin beef barbeque pake saos barbeque merek ini ditambah saos inggris dan kecap manis, rasanya manteep deh kayak di resto-resto.

7. Kecap ikan

Nah kecap ikan ini suka saya pakai di tumisan yang amis-amis alias yang suka ada ayamnya atau capcay, nasgor. Entah kenapa kalau ditambahin kecap ikan, jadi lebih enak. Pilihan saya jatuh pada kecap ikan cap Ikan Merah

8. Campuran kecap asin dan jeruk lemon

Nah yang ini belum pernah saya cobain. Katanya sih bisa buat pengganti rasa arak dan biasa dipake buat nasgor. Someday mau cobain ah.
Oke baru sekian merek saos yang pas di lidah saya. Berguna banget buat kamu yang mau masak masakan resto tapi ga worried sama kehalalan bumbunya.

Komentar

  1. Mantap mba..jd tambah tau merk saos yg enak..mksh info ny mba..

    BalasHapus
  2. Terima kasih mba... Jadi nambah ilmu saus yang halal.

    BalasHapus
  3. Saya ada jual minyak wijen, merk Yo Guan Heng. Dan ada juga merk Seng Guan Huat (yg premium) tersedia di Rezeki dan Duta Buah. Sudah halal MUI, info 0812 sembilan ribu 1639. Thanks

    BalasHapus
  4. Thanks Infonya Mbak. pas banget lagi hobi eksperimen masak, hehe

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Klo saus ponzu yg halal tau ngga kak? Saus buat pencelup shabu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf kalau itu saya kurang tahu. Tapi bisa kok pake saus untuk seafood yang kayak di atas. Rasanya mirip2.

      Hapus
  7. Mba nanya dong, beli kecap di atas dimana ya mb ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Macem2 sih, ada yang di pasar tradisional, ada yang di Farmers Market

      Hapus
  8. Makasih infonya. Berguna banget

    BalasHapus
  9. Helo,
    Mau berbagi informasi, untuk kecap asin jepang merk Kikkoman sekarang diproduksi dalam negeri dan sudah resmi halal sertifikasi MUI. No mirin/ alkohol. Akhirnya nemu shoyu yg halal. Malah jadi macam2. Ada yg all purpose, ramen base, dark sauce sama satu lagi yg khusus masakan oriental.
    Semoga membantu ya buat yg selama ini bingung soal shoyu halal =)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih. Membantu sekali. Kalau boleh tau bisa beli dimana? Soalnya belum nemu Kikkoman yang halal.

      Hapus
  10. Mbak nanya dong, saya baru dapet kiriman sauce merk lee kum kee, chicken marinade & seasoned sauce for seafood, & garlic powder merk McCormick , tapi kok ga ada label halal di botol nya ya mbak? Sauce seafood nya sama seperti yg di foto mbak itu, halal kah mbak? Terutama untuk yg chicken marinade...
    Mohon bantuan jawab ya mbak, soale sayang bgt kalo ga di pake, tp mau make ga ada logo halal nya...
    Terima kasih sebelum nya mbak...
    Salam kenal yaa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mba aku kurang tahu.. prinsip saya, selama ga ada label halal, berarti ga ada jaminan produknya halal dan saos itu tergolong produk pangan yang titik kritis kehalalannya tinggi

      Hapus
  11. Hai, mau tanya dong, kalau Lee Kum Kee yang Minyak Wijen kira-kira halal gak ya? Memang belum ada label halalnya, tapi di komposisinya cuma minyak wijen saja. Di botol tertulis produksi Guangdong, China dan diimpor oleh PT. Sukanda Djaya.

    BalasHapus
  12. Kecap ikan cap ikan merah sudah ada lpgo halal MUI nya mbak?

    BalasHapus
  13. Beda kah saos inggris sama kecap inggris? Mohon penjelasan...

    BalasHapus
  14. Terima lasihin , sangat berguna sekali informasinya

    BalasHapus
  15. Terimakasih informasinya, sangat berguna:)

    BalasHapus
  16. Mba..kenapa saya tiap bikin dimsum selalu lembek isiannya ga bisa padat dan kenyal....sampe nyoba 3-4 kali bikin hasionya tetap sama....apa yg salah ya ??

    BalasHapus
  17. mba.. klo di cek di LPOM MUI kok ngga ada yah kecap ikan cap ikan merah produsen DJOE HOA..

    BalasHapus
  18. Terima kasih postingannya, berguna untuk yg nyari macem2 saos dg logo halal. Minyak wijen Di Di Xiang rasanya mirip kah dg Lee Kum Kee? Andalan bgt bwt bikin nasgor, sygnya ga ada logo halal. Meski ingredientnya cm wijen aj tp khawatir jg ya dlm prosesnya. Makasih mba sharingnya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer