Resep Homemade Waffle

Setelah lima kali nyoba buat waffle dengan berbagai resep. This is the best! Thank you Laura Vitale. Teksturnya empuk banget dan di dalamnya dikasih choco chip. Yummy! 

Karena resep ngambil dari website US, ukuran yang dipakai oleh mereka mostly cup. Dan berhubung saya sudah punya takaran ukuran cup, jadi gampang banget buatnya ngga perlu ditimbang-timbang lagi. Saya beli takaran cup yang berwarna putih di Ikea dengan harga 20rb saja dan takaran cup yang berwarna orange di Farmer's Market Summarecon Serpong seharga 29rb. Ga mahal-mahal amat kan? Untuk takaran cup berwarna putih, ukuran yang tersedia adalah 1 ml. 5 ml. 15 ml, dan 100 ml. Sedangkan untuk takaran cup berwarna orange, ukuran yang tersedia adalah 1/8 cup, 1/4 cup, 1/3 cup, 1/2 cup, dan 1 cup. Untuk cetakan waffle manualnya, saya beli di Ace Hardware seharga 220rb-an. 


Gak ada tips khusus untuk pembuatan waffle ini karena bahan hanya dicampur dan dipanggang di atas cetakan. Voila.. jadilah waffle. Waffle ini bisa dijadikan alternatif camilan untuk batita (anak saya suka banget, apalagi kalau masih hangat). Yuk dicoba. 


Bahan:
  1. 2 cup tepung serbaguna
  2. 1 1/2 cup baking powder
  3. 2 sdm gula
  4. 2 butir telur
  5. 1/2 sdt garam
  6. 1 1/2 cup susu cair putih
  7. 1/2 cup mentega tawar, lelehkan
  8. 1 sdt perisa vanila
Cara membuat:
  1. Dalam wadah terpisah, campur tepung, baking powder, gula, dan garam
  2. Kocok susu cair dengan mentega tawar cair hingga tercampur, masukkan telur dan kocok kembali hingga homogen. Masukkan vanila dan aduk kembali hingga rata. 
  3. Masukkan campuran bahan kering ke dalam bahan basah dan aduk hingga rata
  4. Panaskan cetakan waffle dan olesi permukaan dengan margarin atau mentega agar tidak lengket
  5. Masukkan adonan ke dalam cetakan waffle dan panggang di atas api sedang
  6. Selamat mencoba!


Komentar

Postingan Populer