Fadhil disunat

Tanggal 22 Des kemarin, Fadhil disunat lho. Kenapa buru-buru disunat padahal usianya baru 6 bulan, soalnya alat kelaminnya ada fimosis. Semacam perlengketan di kulup sehingga kulup susah ditarik saat ingin dibersihkan, dan jadinya kepala penis ga keliatan.

Waktu itu sih ngehnya gegara kalo saya bersihin penis dia saat mandi, kok kulitnya susah ditarik ya. Padahal kotorannya banyak, putih-putih gitu, tp ga optimal dibersihin.

Nanya sama dokter bedah anak sih katanya selama ga ada keluhan, gpp kok ga buru-buru disunat. Tapi ya, sebagai ibu, saya takut nunggu anak saya ada keluhan kayak kencingnya susah, amit-amit kalo sampe berdarah. Soalnya om-nya gitu. Umur dua tahun disunat gara-gara fimosis dan kencingnya berdarah.
Duh.. Kan kasian ya. Yawda akhirnya disunat dini aja, toh kan ujung-ujungnya harus disunat. Dan Alhamdulillah banget, dicover euy biayanya sama perusahaan saya. Baik banget deh perusahaan saya. Padahal kalo sama perusahaan suami, sunat itu ga dicover loh. Kan lumayan banget tuh, soalnya biayanya ga murce, 5.9 juta untuk operasinya aja belum termasuk obat dan kamar inap (kalo mau nginep). Bah! Tapi karena asuransi sih jadinya harus nginep. 

Untuk persiapan disunat sih, sama aja kayak persiapan operasi pada umumnya. Harus puasa dulu sama periksa lab. Karena bayi kali ya, puasanya min 5 jam (untuk susu), dan untuk air putih 2 jam. 
Pas bagian puasa ini nih yang ga enak. Bayi kan mana ngerti yang namanya puasa. Jadi waktu mau nenen tapi ga dikasih sama emaknya, nangis dan ngambek lah dia. Lama lho, sekitar 1.5 jam nangisnya ampe akhirnya berhenti sendiri. Duh.. Kasian, ga pernah nih emaknya ngebiarin anaknya nangis ampe selama itu. Tapi kan demi kebaikan. *tears

Operasinya sih ga lama, sekitar setengah jam. Waktu ngeliat burungnya si Fadhil setelah disunat itu rasanya miriiss banget. Kalo bisa rasa sakitnya digantiin sama emaknya, rela deh dituker. Kan dijahit gitu dan darahnya masih ngerembes. #gakuatnahannangis
Belum lagi, mungkin dia juga kesakitan ya, nangisnya piluuu banget. Saya cuma bisa meluk sambil nguatin. "Sayang.. Sakitnya ga lama kok. Dedek anak kuat ya."
Selama sehari setelah disunat, reweell banget. Tidur malemnya gelisah, kebangun tiap dua jam trus teriak nangis. Berasa kayak punya bayi baru lahir lagi.

Untuk bayi, boleh kok pake diapers, tapi burungnya dilindungin sama topi kayak gini baru dipasang diapers. Makenya di perut dan moncongnya ditarik ke bawah nutupin burungnya lalu diapersnya dipasang deh. Ini saya beli sama suster di ruangan, harganya 30rb. Beli dua jadi cuci-kering-pakai. Berguna banget. Menurut saya, untuk bayi lebih baik pakai yang model begini daripada celana sunat yang biasa dijual di apotek. Soalnya bayi kan masih ngompol, jadi pipisnya langsung ketampung di diapersnya. Jadi burungnya kering terus deh. Ini gambarnya ya. 


Sekarang udah hari ketiga dan lukanya udah mengering. Anaknya juga udah aktif lagi. Cuma masih belum diijinin tengkurep dan mandi. Mudah2an bisa segera pulih yaa dan Fadhil bisa tengkurep lagi.

Jadi untuk ibu-ibu yang mau bayinya mau disunat, ga usah takut. Penyembuhannya ga lama kok. Rewel sehari masih wajar, namanya juga sakit. Tapi setelah itu, dia bisa ceria lagi.

Komentar

Postingan Populer