Resep Pie Susu

Resep-resep yang biasanya saya share di blog sih udah tergolong enak ya buat lidah saya, termasuk resep pie susu ini. Resep yang masih butuh perbaikan di sana-sini, biasanya ngga saya share dulu. Resep ini adalah hasil re-cook dari resepnya ibu Nikmatul Rosidah. Bikinnya ternyata gampang, cuma tricky di bagian manggangnya aja. Anak saya suka banget. Dia ngga berhenti ngomong "mau-mau" saat saya lagi asik foto. Menurut saya ini resep yang layak dicoba.

Tekstur filling seperti puding
Kemarin sih saya hanya coba setengah resep dan dapat 13 loyang pie kecil ukuran D, tapi sisa fillingnya masih terlalu banyak. Jadi kayaknya bagian crustnya perlu ditipisin lagi biar pas antara crust dan fillingnya. Oya, tekstur fillingnya lebih mirip kayak puding mayo yang lembut banget, ngga seperti pie susu bali yang agak lengket. Mungkin ke depannya perlu diimprove dengan penambahan tepung custard. Soalnya agak lama juga nge-set fillingnya di dalam oven, bisa jebol deh tagihan listrik, hihi.

Renyah di luar, lembut di dalam

Let's cooking.

Bahan crust:
1. 150 g tepung bogasari kunci biru
2. 75 g mentega
3. 25 g gula halus
4. 1/2 butir telur, kocok
5. 1/4 sdt vanilli

Bahan filling:
1. 120 ml air hangat
2. 60 g gula pasir
3. 50 ml susu evaporasi
4. 1 1/2 butir telur, kocok
5. 1/2 sdt vanilli

Cara membuat crust pie:
1. Campur tepung, gula halus, dan vanilli. Ayak.
2. Masukkan mentega, remas dengan tangan hingga membentuk scramble.
3. Masukkan telur, uleni dengan tangan hingga rata.
4. Bungkus dengan plastik wrap dan simpan di refrigerator selama 30 menit.

Cara membuat filling pie:
1. Larutkan gula pasir ke dalam air hangat. Sisihkan hingga dingin.
2. Campur susu evaporasi, telur, dan vanilli. Masukkan larutan gula. Aduk hingga rata kemudian saring.

Cara membuat pie:
1. Oles permukaan cetakan pie dengan minyak.
2. Siapkan oven dengan api atas bawah dengan suhu 180 C sampai suhu stabil.
3. Bagi adonan crust pie menjadi 12 bagian. Bentuk bulat-bulat kemudian cetak di atas cetakan pie dengan cara ditekan-tekan.
4. Tuang filling di atas crust pie.
5. Panggang di dalam oven.
6. Setelah matang, dinginkan pie kemudian keluarkan dari cetakan. 

Sajikan dingin lebih nikmat.





Komentar

Postingan Populer