Resep Pempek Adaan

Pertama kali bikin pempek adaan, alhamdulillah berhasil. Resepnya nyontek dari blognya Mba Diah Didi dan worth it untuk dicoba karena gampang dan insyaAllah berhasil. Cuma untuk bumbunya saya modifikasi sedikit karena menurut saya ada bagian yang kurang pas di lidah saya seperti jumlah bawang merah, volume santan, dan jumlah garamnya.

Pempek Adaan
Kalau ngikutin resep modifikasi ini, insyaAllah rasanya pas. Bawang merah di resep aslinya cuma dua, menurut saya kurang jadi saya tambahin jadi empat. Volume santan kentalnya 75 ml, tapi menurut saya jadi terlalu dominan rasa santannya jadi saya kurangin jadi 35 ml atau setengah bungkus santan kara kecil. Jumlah garamnya juga kebanyakan jadi agak asin, jadi yang awalnya 1.5 sdt, saya kurangin jadi 1 sdt. Untuk step by stepnya juga saya ubah jadi biar ga banyak piring kotor (kalau yang ini sih masalah teknis ya, tiap orang beda, tapi kalau saya suka yang praktis).

Bahan pempek:
1. 200 gr ikan tenggiri, dihaluskan sampai benar-benar halus
2. 150 gr tepung sagu, bukan tepung tapioka ya, bisa dibeli di Indomaret
3. 35 ml santan kental
4. 2 butir telur

Bumbu pempek:
1. 4 siung bawang merah, haluskan
2. 1 sdt garam
3. 1/2 sdt lada
4. 1/2 sdt penyedap rasa, bisa skip

Cara membuat pempek:
1. Haluskan bumbu-bumbu, sisihkan
2. Campur santan kental dan telur, masukan ikan tenggiri dan aduk rata
3. Masukkan bumbu ke dalam campuran ikan dan aduk rata
Saran saya, untuk step nomor 2 dan 3 dilakukan di dalam chopper atau blender biar rata. Saya sendiri pakai chopper dari rangkaian set hand blender Philips. Praktis banget dan gampang nyucinya. One of must have item!
Mixing dengan chopper
4. Pindahkan campuran ikan, santan, telur, dan bumbu ke dalam mixing bowl atau baskom kecil, tambahkan tepung sagu. Aduk-aduk hingga tercampur rata.
Adonan tanpa tepung sagu
5. Bulat-bulatkan adonan sesuai selera kemudian goreng dengan api sedang.
Oya step ini agak ribet ya karena lengket. Pakai bantuan sendok sih bisa tapi bulatannya ngga rapi. Kalau mau pakai bantuan tangan, untuk menyiasatinya kedua telapak tangan dikasih tepung sagu agak banyak kemudian adonan dibulatkan. Setelah dua bulatan adonan jadi, biasanya tangan jadi lengket kembali, nah tambahin lagi tepung sagu di kedua telapak tangan. Ulangi sampai adonan habis.
Saat menggoreng pun, pastikan adonan terendam dalam minyak karena nanti adonan akan mengembaaang walaupun pas udah dingin bakal ciut lagi sih.

Pempek tanpa kuah cuka bagai sayur tanpa garam. Eaaa....

Berikut resep kuah cukanya.

Bahan:
1. 250 ml air
2. 125 g gula jawa, iris-iris
3. 2 sdm air asam jawa

Bumbu yang dihaluskan:
1. 4 siung bawang putih
2. 10 butir cabai rawit merah, atau bisa ditambah jika ingin lebih peas
3. 1/2 sdm garam
4. 1/2 sdm ebi

Cara membuat:
1. Panaskan air, masukkan gula jawa dan air asam jawa
2. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, biarkan hingga mendidih
3. Saring bumbu dan kuah siap disajikan
Kuah dapat disimpan di dalam freezer, kalau mau dipakai lagi tinggal dikukus atau direbus deh..


Komentar

Postingan Populer