Kejang tanpa demam (part 4)

Semoga part ini menjadi part terakhir untuk perjalanan kejangnya Fadhil.

_____________

Fadhil udah setahun lebih. Almost 13 bulan. Udah bisa jalan.

Pertama kali ngeliat dia jalan, rasanya terharu banget. Speechless. Dan saya menangis bu-ibu.

Beribu ucapan alhamdulillah, puji syukur pada Allah. Anak saya yang dulu didiagnosa hipoksia berat, tumbuh kembangnya normal seperti anak biasa.

Rasanya sebagai seorang ibu, saya bangga udah ngasih stimulasi terbaik untuk Fadhil.

Dan, ga hanya perkembangan motorik kasarnya aja yang bikin saya terharu. Fadhil udah hampir dua bulan putus obat dan alhamdulillah belum ada kejang susulan setelah putus obat. Tapi belum satu tahun bebas kejang sih..

Saya masih ingat waktu awal2 dia didiagnosa hipoksia dan atrofi otak, tangan sebelah kirinya kurang aktif. Tumbuh kembangnya pun agak sedikit lambat dibandingin bayi seusianya. Langsung saya beli matras, kolam renang, dan beberapa permainan edukatif untuk merangsang tumbuh kembangnya. All day saya rangsang dia agar bisa seperti anak normal. Saya guling2in di atas matras, saya ceritain setiap hal yang dia lihat, saya ajak dia untuk ngelihat hal2 baru, saya ajak dia untuk rutin berenang, saya dudukin dia sambil dibelakangnya dikasih bantal, saya kasih asi ekskluaif (kalau ini sih masih lanjut sampe sekadang). Semua. Semua yang bisa saya lakukan untuk stimulasi tumbuh kembangnya.

Dan hasilnya sekarang. Dia tumbuh aktif. Seperti kebanyakan balita pada umumnya. Jalan kesana-kemari. Ngoceh. Teriak2. Kadang tutup mulut kalo lagi disuapin (hehe, yang ini lebih bikin frustasi).

Mungkin kalo waktu itu dia diasuh oleh pengasuh, hasilnya ga akan seperti sekarang.

Semoga hal ini dapat jadi ceritanya kelak saat dia dewasa. Kalau dulu, di dua bulan pertama kehidupannya, dia selalu nangis kesakitan setiap kali terjaga. Saya bahkan sampe nangis frustasi karena ga tau penyebabnya. Digendong nangis, disusuin nangis, dipeluk juga nangis. Hanya pada saat dia terlelap, dia ga nangis. Dan saat itu, saya sendiri tanpa bantuan asisten (kecuali saat mbah dan suami pulang kerja). 

Semoga hal ini juga dapat jadi inspirasi dan semangat buat ibu2 yang lain. Pun pengingat untuk diri saya, kalau tanpa bantuan Allah, saya ga bisa melalui ini semua.

Terima kasih untuk suami, dan keluarga besar yang selalu kasih support untuk kesembuhan Fadhil.


Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Halo,mba...semoga sehat selalu ya Fadhil nya. apa fadhil sampai sekarang tidak kejang lagi? saya juga sedang sedih2nya dan stres.. dalam 2 minggu ini bolak balik ke dokter dan EEG sampai dua kali, anak saya umur 9 bulan divonis potensi epilepsi, shgg hars minum obat yang mengandung Valproic acid merk Vellepsy sirup, hancur hati ini, ngebayangin, kok bisa ya? *hiks... dan sy pikir klo misal 2 thun ini bebas kejang, nanti sampai dia dewasa pasti ga ada kejang lagi, trnyata tdk, tdk b isa dijamin 100% kt dokter..doh...yang pnting sekranag tumbuh kembangnya jangan terganggu kt dokter... masih panjang waktu yg hars dijalani smpai 2 thun,smoga tdk ada kejang lagi, doakan ya,mba... pengalamanku baru2 ini, ada di blog ku..jika berkenan membaca (gabemahita.wordpress.com)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mba, fadhil divonis epilepsi saat 2.5 bln dan dicari penyebabnya. kt dokter, kalau masih di bawah 6 bulan, minum obatnya bisa 6 bln kalau prognosisnya bagus atau 2 tahun kalau tidak. sekarang ini udah 1.5 th bebas kejang, memang dokter juga ga menjamin ini akan bebas kejang sampai dia dewasa, tapi kita berharap yang terbaik saja. saran saya kalau memang diagnosanya epilepsi, minum obatnya harus rutin jangan sampai terlewat ya mba. semoga sehat selalu :)

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  3. Gimana keadaan anak nya sekarang mba laras

    BalasHapus
  4. Sehat alhamdulillah.. ceriwis

    BalasHapus
  5. Hallo mbk...... saya jg mengalami hal yg sma sprt mbk n jg anak mbk. Skrg anak q hampir 4 bln, si kecil terapy sejak umur 10 hr. Wkt umur 3 hr si kecil tiba" kejang padahal dia ga demam. N menangis kencang stlh kejanngya hilang. Alhamdulillah stlh terapy si kecil tdk lg kejang, tp obatnya msh continue smpk skrg. Smoga si kecil tumbuh normal sprt anak" yg lain....Amiiiin

    BalasHapus
  6. Obat kejang nya apa bun

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer