MPASI Fadhil: 6 bulan

Ga kerasa sekarang Fadhil udah 6 bulan 21 hari. Itu artinya saya udah ngasih mpasi selama 21 hari. 

Makanan pertama yang saya kenalin ke Fadhil adalah bubur beras merah dengan campuran asi.  Untuk perkenalan saya cuma kasih satu sendok makan dan masih encer, hari-hari selanjutnya tingkat kekentalannya saya tambah dengan kuantitasnya yang makin lama makin banyak. 

Waktu saya ketemu sama dokter gizi, katanya kasih bubur susu instan aja. Udah lengkap kandungan gizinya, praktis pula. Dan setelah saya coba berbagai merek macam Cerelac, Farley, Promina, Sun, Fadhil sukses nyembur-nyemburin doang alias ga suka. Yawda daripada saya capek sendiri, akhirnya saya baca komposisi bahannya. Isinya ternyata kacang hijau, lisin, beras merah, gula, minyak nabati, susu, premiks vitamin dan mineral. Dan setelah saya baca komposisinya, saya baru ingat materi kuliah kalau serealia baiknya dicampur sama kacang-kacangan biar asam aminonya lengkap. Ahhh kemana ajaa.. Yawda deh akhirnya saya buat sendiri bubur campuran beras merah sama kacang ijo, ditambahin sedikit minyak sawit, sama asi. Ternyata dia suka. Oke deh lanjutt... Selanjutnya nanti saya mau masak sama sari kacang kedelai ah untuk ngegantiin air yang biasa saya tambahin untuk masak buburnya. Soalnya kalau asi yang dimasak, atuh mah nanti rusak komponen gizinya.

Selain bubur tadi, makanan yang udah saya kenalin adalah puree kentang, ubi, singkong, labu kuning, wortel, apel, pepaya, jambu biji, dan pisang. Alhamdulillah... Semuanya dia suka. Next sebelum tujuh bulan, saya mau ngenalin buah pir, brokoli, sukun, sama jagung. Oya, saya juga nambahin suplemen zat besi di pureenya karena zat besi yang ada di asi udah ga cukup untuk menuhin kebutuhannya.

Ngomong-ngomong soal peralatan tempur yang saya pakai untuk mpasi Fadhil adalah:

1. High chair, kalau ini wajib buat saya. Saya udah nyobain versi digendong atau saya dudukin menghadap saya. Yang ada dia malah ngeberontak dan saya kewalahan. High chair ini sangat membantu buat saya soalnya saya ga pake pembantu jadi harus nyiapin semua makanannya sendiri. Dan selama duduk di high chair, dia lahap-lahap aja makannya. Walaupun kadang suka bosen sih.. Kalo dia bosen, saya suka sambil mainin gendang atau terompet. Yang penting ga boleh mati gaya selama nyuapinin Fadhil. Hahay

2. Manual food grinder, menurut saya lebih praktis pake ini daripada blender. Ga perlu nyolok2 dan nyucinya juga gampang.
3. Freezer baby cubes, buat naruh puree di freezer. 
4. Kukusan, pisau, talenan, saringan.

5. Mangkok, sendok, botol dengan mulut sendok.

Komentar

Postingan Populer